Industri hiburan memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Menikmati
hiburan menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar individu. Ada beragam cara
untuk menikmati hiburan, dengan menonton televisi menjadi salah satu pilihan utama
yang mudah diakses. Salah satu program magazine show berjudul “XPLORIST”
hadir sebagai warna baru dalam ranah hiburan Indonesia. Program majalah ini
berdurasi sekitar 30 menit dan fokus pada eksplorasi destinasi wisata di Indonesia.
Dalam episode ini, penulis telah memilih Cianjur sebagai lokasi untuk mengeksplorasi
destinasi wisata yang ada di kota tersebut. Melalui program “XPLORIST”
diharapkan penonton dapat memperoleh pemahaman tentang keindahan alam
Indonesia, serta diharapkan dapat memicu minat masyarakat untuk mengunjungi kota
tertentu.
Adam, M. K., Anggoro, D., Aji, B., Pradana, L. A. D., & Yogyakarta, U. M. (2022).
Produksi Film Pendek Mateni di Festival Film Gadget. Jurnal Content, 1(1), 59–
68.
Alief Nugroho, G., Safitri dan Nia Emilda, R., Safitri dan Nia Emilda Prodi Kriya Seni,
R. D., & Seni Rupa dan Desain, F. (2021). Perancangan Artistik Talkshow Reptil
“Inkubasi” Bergaya Visual Pop Art. https://www.nesabamedia.
Angelina, M. R., & Subechi, I. (2018). PERAN PENATA SUARA DALAM MENDUKUNG
PROGRAM DOKUMENTER. PERAN PENATA SUARA DALAM MENDUKUNG
PROGRAM DOKUMENTER.
Angkoso, S. P., & Karna, K. (2023). Penerapan Penataan Suara pada Produksi Acara
Siaran Kethoprak Mataram di LPP RRI Stasiun Yogyakarta. Jurnal Komunika:
Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 11(1), 1–10.
https://doi.org/10.31504/komunika.v11i1.4993
Calaccitra, J., Meishya, K., Putri, P., Mudra, W., Gusti, I., & Wirawan, N. (2021). 51
Jurnal Calaccitra PENERAPAN MAKE UP SPESIAL EFEK DALAM FILM “GERING.”
https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra
Cikal, A., Putri, K., & Darwinsyah, M. (2024). Peran Penulis Naskah Dalam
Pembuatan Program Feature Kuliner “ Rasa Nusantara ” Edisi Warung Mjs.
2(3), 122–137.
Dr. Ferny Margo Tumbel, M. S., & Dr. Femmy Roosje Kawuwung, S. P. M. S. (2023).
Media pembelajaran. Selat Media.
Fachrudin A. (2017). Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature,
Laporan Investigasi, Dokumenter Dan Teknik Editing (Edisi Pertama).
Prenadamedia G.
Fanastar, B. (2015). ANALISIS PROSES PRODUKSI SIARAN BERITA TELEVISI KHABAR
ETAM DI TVRI KALIMANTAN TIMUR. 348–360.
Haykal, H. L. (2023). Peran Camera Person dalam Produksi Film Dokumenter
“ Kemana Kampung Dolar ?” 1(2), 81–91.
Iman, N. L., Astuti, A. D., & Kristiadi, D. (2023). Penerapan Teknik Penataan Cahaya
pada Produksi Drama Televisi “Analog.” Jurnal Ilmiah Multimedia Dan
Komunikasi, 8(2), 109–116. https://doi.org/10.56873/jimk.v8i2.265
Karyadi, F. Y., Arief, M., & Sasongko, H. (2022). Sosialisasi Profesi Bidang Penyiaran
Televisi untuk Pengayaan Proyeksi Cita-cita bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Abdidas, 3(6), 1081–1090. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.729
Khazanah Edisi Ramadhan, P. (n.d.). Strategi Program Magazine. In JIKOM (Vol. 12).
Latief, R. (2020a). Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama. Prenada Media.
Latief, R. (2020b). Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama. Kencana.
Latifah, L. L., Basri, A. S., & Chairun, A. Muh. A. (2023). Peran Produser dalam
Manajemen Produksi Film Pendek “Ojan’s Story” di Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Audiens, 4(3). https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.57
Lestari, A. D., & Subechi, I. (2019). Optimalisasi Lighting Arrangement Pada Drama
Televisi Kisah Seorang Lelaki. Jurnal Ilmiah Produksi Siaran, 5(2), 74–86.
225
Marlinah, S., El Hida, R., Mukjizat, R., Sarjana, P., & Komunikasi, I. (2019). Peran Tim
Wardrobe Dalam Produksi Program di Rajawali Televisi (Periode Bulan JULI
2019).
Marlinah, S., Hida, R. El, & Mukjizat, S. R. (2021). Peran Tim Wardrobe Dalam
Produksi Program di Rajawali Televisi ( Periode Bulan JULI 2019 ). 13(1).
Munanjar, A., Haikal, A., & Kusnadi, E. (2023). Peran Penulis Naskah Dalam Produksi
Program News Magazine Tiktok Wow Di Net Tv. Jurnal Media Penyiaran, 2(2),
121–125. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i2.1721
Musnandar, A., Karyadi, FX. Y., & Eriswan. (2021). Vol. 1 No.1, Desember 2021
Offscreen: Film and Television Journal ANALISIS FUNGSI. Offscreen : Film and
Television Journal, 1(1).
Nabila, U. A., & wahyudin, A. (2020). PENATAAN SUARA PADA PRODUKSI FEATURE
TELEVISI “PENGELANA NUSANTARA.” PENATAAN SUARA PADA PRODUKSI
FEATURE TELEVISI “PENGELANA NUSANTARA.”
Nasution, A., Muliyani, S., Shahri Maulana, A., & Rizky Silvana, F. (2023).
Perencanaan Dan Pengendalian Program Markombur Di Tvri Sumatera Utara.
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2), 60–65.
Raharjo, A. (2018). Peran Program Director TV Dalam Proses Produksi TV Dalam
Produksi Visual Program Acara Semesta Bertilawah Di MNC TV. 9(1).
Raharjo, A., Komunikasi BSI Jakarta, A., & Sitasi, C. (2018). Peran Program Director
TV Dalam Proses Produksi TV Dalam Produksi Visual Program Acara Semesta
Bertilawah Di MNC TV. Jurnal Komunikasi, 9(1), 127–134.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Rakhmat J. (2018). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.
Rumaniogi, K., & Sukarno wi, K. (2018). TEKNIK PENATAAN SUARA DALAM
PROGRAM MUSIC SHOW TELEVISI “MELODIOUS.” TEKNIK PENATAAN SUARA
DALAM PROGRAM MUSIC SHOW TELEVISI “MELODIOUS.”
Suhara, R. B. (2024). Produksi Film Dokumenter. K-Media.
Wahid, W. (2022). Manajemen Penyiaran Televisi Teori dan Praktik: Upaya
Perubahan untuk Bangkit dalam Keterbatasan. Nas Media Pustaka.
Zartian, M. M. G., & Maring, P. (2021a). Strategi Kreatif Produser dalam
Mempertahankan Eksistensi Acara Top Files di Stasiun Televisi iNews. Jurnal
Pewarta Indonesia, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.25008/jpi.v3i1.64
Zartian, M. M. G., & Maring, P. (2021b). Strategi Kreatif Produser dalam
Mempertahankan Eksistensi Acara Top Files di Stasiun Televisi iNews. Jurnal
Pewarta Indonesia, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.25008/jpi.v3i1.64